Teh Poci Gula Batu - Si Penyedap Zaman Yang Khas Dari Tegal

Teh Poci Gula Batu - Si Penyedap Zaman Yang Khas Dari Tegal

Info Galawi - Banyak warga Di Kota terutama di Ibu Kota yang mengenal Tegal namun yang terkenal dari Tegal ini bukan hanya Warung Tegal ( Warteg ) banyak Makanan,Jajanan,Wisata dan juga minuman Khas dari daerah Tegal Ini yang akan team Info Galawi Bahas adalah " Teh Poci Gula Batu ".

Kenapa Kami mengambil Judul Teh Poci dan membuat artikel Tentang Teh Poci ini, yang tidak lain adalah ingin mengenalkan lagi Budaya " MOCI " yang mungkin bagi masyarajkat Tegal dan Slawi atau daerah sekitar itu sudah menjadi Hal yang familiar tapi bagai mana dengan yang di kota, atau orang asli Tegal yang besar di kota dan jarang menemukan hal ini, itu akan menjadi kenimkatan tersendiri.

Kita coba bahas secara singkat apa itu Tradisi Moci, Moci adalah sebuah Tradisi Menikmati Seduhan Air Teh yang langsung di sajikan dengan wadah teko tang terbuat dari tanah Liat,dan di sandingkan bersama Gula Batu secara terpisah.

Penggunaan Teko atau Poci ( Dalam Bahasa Jawa ) yang terbuat dari tanah liat ini akan menyebabkan Bau wangi teh yang di seduh di dalamnya menjadi Lebih keluar sehingga lebih nikmat.

Teh Poci Wasgitel ( Wangi,Panas,Sepet,Legi,Kenthel ) menjadi Jargon Teh yang terkenal yang di produksi dari daerah ini karna kenikmatan yang di hasilkan.

Tradisi Moci - Tradisi Minum Teh Dari Jepang-nya Indonesia

Tradisi Moci mulai berakar seiring lahirnya dan berkembangnya pabrik-pabrik teh di Daerah Tegal dimulai sekitar tahun 1950-an. Berdasarkan Informasi dan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tegal, saat ini terdapat enam perusahaan teh yang sudah terkenal hingga ke seluruh wilayah Indonesia dan semua masyarakat pernah menggunakan Produknya

Dan Juga Aroma Teh Tegal ini memiliki Aroma Melati yang Khas karna di dukung juga oleh banyaknya perkebunan Melati di wilayah Kabupaten Tegal,Batang dan Pekalongan, Dan Hidup dan Berkembangnya tradisi Moci ini di dukung juga oleh Berkembangnya Pabrik - Pabrik Gula dari era kolonial dan yang terbesar didan terkenal di daerah tegal di antaranya Pabrik Gula, yakni PG Pangkah Di Daerah Slawi, PG Jatibarang, PG Banjaratma, dan PG Kersana—tiga dan masih ada lagi untuk pabrik Gula di luar daerah tegal namun masih dekat yaitu yang berada di Brebes dan Pabrik inisudah berdiri sejak zaman Belanda.

Menyrut Info yang Info Galawi dapatkan Dua dari empat PG tersebut masih eksis dan terus beroprasi hingga sekarang , yakni PG Jatibarang dan PG Pangkah, yang memproduksi gula batu yang menjadi pemanis minuman teh poci yang kita nikmati sata ini.

Istilah Tegal di beri Julukan Sebagai Jepang-nya Indonesia karna Produksi dan Pengolahan Logam yang sudah terbukti kualitasnya, dan Istilah Moci ini berawal dari tidak lepas banyaknya Pabik teh, Gula dan Gerabah yang berada di Tegal dan Slawi dan Moci Ini merupakan kultur minum Teh secar bersama-sama dengan keluarga atau juga teman sejawat dan tradisi ini juga banyak di sukai dari mulai Seniman,buruh,Guru, masyarakat umu, dan para Pegawai Negri.

Penikmat Teh Poci Dapat Pengunjungi Warung-warung di pinggir jalan atau di restoran yang berada di Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, hingga sampai ke Kabupaten Pemalang. Bahkan,untuk tradisi moci ini telah menembus sekat-sekat antargolongan masyarakat dan tidak memandang kasata serta dengan Moci dapat menghidupkan sendi-sendi perekonomian masyarakat.

Tradisi Moci - Tradisi Minum Teh Dari Jepang-nya Indonesia

Tegal Kota Dengan 1000 Poci - Tradisi Ngeteh Ala Wong Tegal - Galawi

Pengakuan Teh Poci dengn Tradisi Mocinya ini juga di akui oleh Penyair-penyair Besar Indonesia yang tertuang dalam Pusi dan juga dalam Karya Buku.

Nah Untuk anda para Wisatawan yang ingin mencoba  Nikmatnya Ngeteh sambil berbincang ria dengan masyarakat atau teman sejawat langsung saja Kunjungi Tegal dan rasakan Langsung Nikmatnya di negri 1000 Poci.